UNITED WORLD COLLEGE ( UWC ) BEASISWA UNTUK SMA/SEDERAJAT


Assalamu'alaikum wr.wb
hallo teman-teman :) 
nama saya Rahma, saya menulis blog ini karena saya sangat tertarik dengan uwc. segala sesuatu yang membahas tentang uwc, saya akan baca :)
semoga kalian juga tidak akan bosan untuk membaca karena kalau malas membaca, bagaimana nanti ketika kalian diterima sekolah di uwc? 

LANGSUNG SAJA KE TOPIK  ↓↓

APA ITU UNITED WORLD COLLEGE ( UWC ) ? 
  UWC adalah sebuah gerakan pendidikan yang memiliki 16 sekolah internasional dan perguruan tinggi, dan komite nasional di lebih dari 140 negara, dan serangkaian program pendidikan singkat. siswa di pilih daaari seluruh dunia berdasarkan prestasi dn potensi mereka. sekolah uwc, perguruan tinggi dan komite nasional menawarkan beasiswa full, beasiswa setengah dan ada juga yg tanpa beasiswa sama sekali, berdasarkan potensi dan prestasi mereka serta finansial dari orang tua mereka.UWc adalah sebuah yayasan yg berbasis di inggris, dan memiliki 16 sekolah dan perguruan tinggi di kanada, hong kong, india, italia, norwegia, singapura, swaziland, amerika serikat, inggris, jerman, armenia, costa rica, bosnia, herzegovina, china, dan belanda. tapi, sayangnya, tidak semua sekolah uwc, menerimma siswa/i asal indonesia, hanya ada beberapa *lumayan banyak sih wkwk*. komite nasional di lebih dari 140 negara *termasuk indonesia*. Program study pendek berjalan di banyak negara. memiliki lebih dari 50.000 alumni dari lebih 181 negara. Kantor internasional uwc beradi di london.
misi uwc adalah untuk membuat pendidikan kekuatan untuk menyatukan orang, bangsa, dan budaya untuk perdamaian dan mada depan yg cerah. 
Panduan prinsip UWC didasarkan pada 7 prinsip yanf diilhami oleh Kurt Hahn. meskipun ditetapkkan dalam konteks pemikiran asli Hahn, ini mencerminkan pengalaman yang diperoleh dari sejarah 50 tahun dan juga pemikiran pendidikan saat ini. 
Tujuan pendirian UWC adalah mengupayakan perdamaian dan keadilan. 

APA SIH FUNGSINYA KOMITE NASIONAL ? 
komite nasional itu untuk merekrut para siswa/i yang mendaftar untuk dipilih dan bersekolah di uwc. yaaah semacam organisasi penyeleksi para pendaftar :D kebanyakan panitia nya itu dari alumni UWC looh... waahh.. sekalian bisa tanya2 lebih dalam lagi tentang uwc tuh :v 
komite nasional indonesia UWC ( NC) adalah perwakilan resmi dari UWC di negara kita ini teman-teman... selain bertanggung jawab untuk membantu UWC dalam menemukan siswa/i dari indonesia untuk belajar di uwc, ia bekerja sama dengan alumni uwc dan secara aktif mempromosikan misi UWC di negara ini. setiap tahun, komite nasional inodnesia akan menerima daftar daari kantor internasional uwc untuk jumlah penempatan yg akan di tawarkan kepada para siswa/i indonesia.

FAQ  :

1. UWC MENGGUNAKAN KURIKULUM APA ??
uwc menggunakan kurikulum International baccalaureate ( IB ). untuk mengetahui lebih lanjut tentang kurikulum IB, silahkan mengunjungi www.ibo.org
2. Apakah ini program pertukaran pelajar, dan apakah saya harus kembali ke indonesia untuk mengulang pendidikan SMA ?
pelajar tidak harus kembali ke indonesia sesudah lulus UWC, lulusan sekolah uwc akan menerima ijazah IB diploma yand dapat digunakan untuk melanjutkan pedidikan di univeritas di seluruh dunia.
3. kapan pendaftaran UWC dibuka ?
pendaftaran biasanya dibuka pada akhir november atau awal desember tiap tahunnya. tahun ini, untuk tahun ajaran 2017/2018 sudah di tutup.


BAGAIMANA CARA MENDAFTAR UWC ?
cara mendaftar uwc ada 2 cara, yaitu :
1. online
aplikasi online tersedia di : www.uwcindonesia.org/apply

 aplikasi online berarti peserta akan menerima ID aplikasi dan pemberitahuan konfirmasi bahwa pendaftaran mereka berhasil di verifikasi.
semua pertanyaan, bagian/section A,B,C, dan D tersedia secara online.
*untuk pendaftaran tahun ini, sudah di tutup, silahkan bersiap siap mendaftar tahun depan*
Nah, kebetulan saya punya UWC APPLICATION ISNTRUCTION FORM yang INTAKE 2017 :
uwc 2017 application instruction
uwc application form:section A,B,C 
uwc application form : section D GENERAL
Uwc application form :section D Principal 
Uwc application form : section D teacher 
2. Offline
aplikasi offline adalah mengirimkan salinan pindaian aplikasi anda melalui email ( section/bagian A - C ). namun, anda tidak akan menerima ID aplikasi atau pemberitahuan atau konfirmasi melalui email terkait persyaratan yg telah anda kirimkan. peserta juga akan diminta untuk mengirimkan hard copy lengkap melalui pos ke kantor UWC.

 alamat national commite of indonesia :
c/o PT. aswana
gedung sarinah, lantai 12.
jl. MH. thamrin 11. jakarta pusat 10350
email : uwc.indonesianc@gmail.com
website : www.uwcindonesia.org 

Terima kasih telah membaca blog saya :) semoga bermanfaat.. amiin :)
 Wassalamu'alaikum wr.wb 

UNTUK MEMOTIVASI KALIAN, INI DIA BEBERAPA POTRET SEKOLAH UWC
UWC ROBERT BOSCH COLLEGE, GERMANY 

UWC CHANGSU CHINA 
UWC SOUTH EAST ASIA, SINGAPORE
ARMAND HAMMER UNITED WORLD COLLEGE, USA
UWC DILIJAN
UWC MAASTRICHT
UWC ATLANTIC COLLEGE

P.S : STAY TUNE DI WEBSITE UWC INDONESIA YA, BULAN DESEMBER INI, PENDAFTARAN AKAN DIBUKA. PERSIAPKAN DIRIMU !! :)


Komentar

  1. Kak, saya mau bertanya mengenai nilai tes TOEFL untuk mengikuti beasiswa ini. Apakah ada batasannya atau minimal sesuai standar (550) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tak ada batasan. Masukkan saja sertifikat tes TOEFL nya. Btw, ambil Tes TOEFL dimana?

      Hapus
    2. Saya mau tanya kalau misalkan tes TOEFL kita 340 itu gimana, kan kata kak gak harus 550 ??

      Hapus
  2. Tahun 2018/2019 buka pendaftaran gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap tahun buka pendaftaran kok

      Hapus
    2. Kak mau tanya,kalo apa daftar online itu kita ngirim apa aja ya?

      Hapus
    3. Kak mau tanya,kalo apa daftar online itu kita ngirim apa aja ya?

      Hapus
    4. Kak mau tanya,kalo apa daftar online itu kita ngirim apa aja ya?

      Hapus
    5. halo nama saya rahma. saya lupa email dari blog ini. untuk daftar online, kita bakal di kasih instruction nya kok dari uwc nya. stay tune yaa

      Hapus
  3. Kak saya kan kelas 2 SMA.. ntar kalau bulan november desember tahun 2018 saya sudah kelas 3 SMA. Nah itu bisa apply nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak; coba cek FAQ di web UWC Indonesia saja, biar lebih yakin 👍

      Hapus
    2. Bisa banget kak. Selamat berjuang

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Ka sekarang kan saya kelas 3 SMP baru mau masuk SMA nah berarti kalo nanti saya mau ikut saya ikut di tahun 2019/2020 ya kak

    BalasHapus
  7. Ka sekarang kan saya kelas 3 SMP baru mau masuk SMA nah berarti kalo nanti saya mau ikut saya ikut di tahun 2019/2020 ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya kamu baru bisa daftar di kelas 11 kalau sekolah kamu pakai K13/KTSP. tapi kalau sekolah kamu pakai kurikulum internasional ( IGCSE ataua semacam nya ) kamu bisa daftar di kelas 10 min. 16 th

      Hapus
    2. Ohh iya kalau misalkan untuk perguruan tinggi nya tidak ada yah kak

      Hapus
  8. Kak saya kan masih kelas 2 SMP,jadi kalo mau ikut kan yang tahun 2019/2020.kira kira bisa gak ya....aku gk yaggk yakin kak,secara aku gk terlalu bisa di bidang akademik/nonakademik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya kamu baru bisa daftar di kelas 11 kalau sekolah kamu pakai K13/KTSP. tapi kalau sekolah kamu pakai kurikulum internasional ( IGCSE ataua semacam nya ) kamu bisa daftar di kelas 10 min. 16 th

      Hapus
  9. Pas daftar bisa dapetin beasiswa nga ka?

    BalasHapus
  10. Pas daftar bisa dapetin beasiswa nga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah beasiswa itu tergantung dari panitia nya dan kondisi keuangan keluarga kamu.
      Uwc's punya 3 kategori beasiswa :
      1. Full scholarship
      2. Parsial
      3. Non scholarship

      Hapus
  11. Kan skrng aku baru masuk sma nih a kira kira daftarnya gmna ya?aku kurang ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baru masuk SMA, daftar nya nanti ya di kelas 11

      Hapus
  12. Kak kan saya bulan depan sudah kelas 3,kira kira masih bisa ikut program ini gak ya?

    BalasHapus
  13. Kak kan saya bulan depan sudah kelas 3,kira kira masih bisa ikut program ini gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello. I'm rahma.
      Sure, you can. Stay tune at uwc's social media. 😉😊

      Hapus
  14. Hai kak aku mau nanya nih, tahun depan aku udah kelas 11 tapi umur aku masih 15 tahun. Bisa nggak ya aku ikut program ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicek disini https://uwcindonesia.org/faq

      Hapus
  15. Halo kak? Saya mau tanya.
    Untuk persyaratan. Apa ada sangkut pautnya dengan nilai? Misalnya kalau nilai saya rendah apa bisa masuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicek disini https://uwcindonesia.org/faq

      Hapus
  16. yang menyediakan full basiswa itu negara tujuan mana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hanya uwc nc yang mengetahui nya. uwc nc akan diberitahukan oleh uwc internasional mengenai berapa kuota untuk pelajar indonesia

      Hapus
  17. Kak kalo masuk uwc itu sma ya? Sma kelastisitas 1, 2 atau 3 kak atau semua kelas bisatu yg penting sma??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya bisa, yg penting usia minimal 16 tahun. Tapi until yg kelas X ada ketentuan kurikulum nya, kalau mau lebih jelas buka aja website UWC Indonesia

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  18. Kak saya mau nanya, kan masuk UWC bisa ikut yg beasiswa bisa juga tidak. Kalau misalnya ga ikut beasiswa biaya sekolah + asramanya kira kira berapa perbulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk biaya, kamu bisa lihat di website uwc internasional.

      Hapus
  19. Umur saya 14 tahun dan untuk tahun 2017/2018 saya naik ke kelas 3 SMP dengan kurikulum sekolah K13. Kira kira saya bisa mendaftarkan diri untuk beasiswa ini kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat kamu duduk di kelas 11 atau 12 SMA/SMK/Sederajat untuk kurikulum ktsp dan k13 dengan umur min. 16 tahun

      Hapus
  20. Kak saya baru masuk sma thn 2018... Saya boleh daftar thn berapa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu bisa daftar saat kamu duduk dikelas 11 atau 12 jika menggunakan kurikulum ktsp atau k13 namun jika sekolah kamu menggunakan kurikulum Internasional, kamu bisa mendaftar saat kelas 10 asalkan usia kamu sudah menginjak 16 tahun

      Hapus
  21. Kak saya kelas 11 sma. Tapi usia saya masih 15 tahun. Karena saya dulu waktu smp nempuh jalur akselerasi. Dan jika saya mendaftar uwc di kelas 12, apakah masih bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo roci, wah.. kita sama lho... aku juga kelas 11 kemarin baru menginjak usia 15 th. dan aku akan daftar di kelas 12 ini. so, kita sama dan jawabannya adalah BISA !!
      AYO SEMANGAT BELAJARNYAAA !!

      Hapus
    2. halo ka aku mau tanya, kaka kan daftar kelas 12 pas di indo, nah setelah lulus dari uwc apa kaka harus balik sekolah SMA kelas 12 di indo lagi atau gimana ya ka?? soalnya kan status di SMA indo kita belom lulus

      Hapus
  22. Kak saya mau nanya,uwc diperuntungkan buat nyambung SMA aja atau langsung kuliah ya kaaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di uwc kamu akan belajar selama 2 tahun layak nya sma kelas 11 dan 12. setelah lulus dari uwc, kamu bisa langsung kuliah

      Hapus
  23. Kak saya dari medan. Nama saya bahsan lubis saya tahun ini kelas 3,dan saya ingin bertanya kapan saya bisa mulai daftar Di uwc Indonesia ,dan bagaimana cara mendaftar nya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu bisa daftar uwc sekarang jugaaa pendaftarannya udah dibuka kok. caranya registrasi dulu di website dan mengerjakan soal section A - B di website tersebut secara online :)

      Hapus
  24. Balasan
    1. tunggu ya sampai kelas 11 jika kamu bersekolah di SMA yang memakai kurikulum 2013 ataupu KTSP. selamat berjuang nantiiii :)

      Hapus
  25. CAra pendaftarannya gimana?
    Bingung nii

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara pendaftarannya mudah kok. registrasi dulu di website uwc indonesia, dan kerjakan soal section A-B secara online di web tersebut :)

      Hapus
  26. Kak, kalau untuk mengetahui mendapatkan beasiswa atau tidak berarti nunggu sesudah tes ya, kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kamu akan diberitahukan uwc via email kalo kamu lolos seleksi dan lolos masuk sekolah uwc :) good luck :)

      Hapus
  27. Kak mau nanya. Di program UWC itu pakai sistem jurusan jg gk? Misal.y seperti SMA-SMA di Indonesia yg punya jurusan MIpa, Ips, Agama, dll. Sistem seperti itu jg ad d uwc atw gk.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu, kamu bisa kepo ke website uwc internasional dan mampir ke website IB ( internasional baccalaureate )

      Hapus
  28. Kak, mau tanya jika terpilih untuk bersekolah di uwc berarti kita sudah keluar dari sekolah di indo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamu apply kelas 11, ya tentu kamu sudah keluar ( pindah ) sekolah ke uwc. kalau kamu apply nya kelas 12, kamu sudah lulus di indo dan kamu sekolah lagi di uwc artinya kamu punya 2 ijazah :)

      Hapus
    2. berarti ka, kalo apply nya saat kelas 12 awal, kan pengumuman penerimaan tahun depan yang artinya kita sudah lulus. Nah itu berarti istilahnya setelah lulus SMA di indo, kita sekolah SMA lagi di uwc gitu ya?

      Hapus
  29. Saya mau nanya,kalau tiket pesawat apakah sudah masuk ke beasiswa ?

    BalasHapus
  30. Kak tanggungan apa saja yang di berikan uwc? Apakah dapat uang saku juga? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai saya rahma, yang menulis blog ini. Maaf telat respond ya karena saya ga bisa balik ke email sebelumnya.
      Untuk uang saku, tergantung beasiswa nya mungkin ya ? Saya juga kurang paham.

      Hapus
  31. Anak saya sedang sedang registrasi di uwc, ktnya dia ikut yg ke program ke jepang, apa ada program ke JPN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo bu, mohon maaf saya telat merespond. tahun ini, memang ada program UWC ke Jepang. Fully funded malah. Semoga anaknya beruntung ya. Untuk intake 2019 sudah di umumkan. Kalau gagal, terus mencoba dan support anak ibu. Karena saya salah satu anak yang tidak dukung oleh orang tuanya. Maka dari itu saya membuat blog ini.

      Hapus
    2. hai ka rahma penulis blog ter the best ini
      i love you kaa 💛 jujur aku salut banget sama blog ka rahma yang satu ini. dimanapun ka rahma berada sehat terus ka semangat dan harus yakin you can doi it. semoga impian aku melanjutkan pendidikan ke UWC USA tercapai aamiinn, makasii ka buat supportnya hihi baru ketemu di 2020

      Hapus
    3. halo, saya rahma, siapapun kamu, terimakasih atas apresiasinya, saya terharu ^_^. semangat daftar UWC nya, semoga lolos. kalau gagal, coba lagi ya. kesempatan bukan cuma di UWC aja, ada banyak kok. kamu bisa dan kamu hebat. terimakasih sudah berkunjung!

      instagram : rahmaid_

      Hapus
  32. kak, kalau mau daftar offline, harus ngirim apa aja ya? trus dikirim kemana?

    BalasHapus
  33. Kak kalo untuk daftarnya itu pas akhir kelas 10 atau awal kelas 11

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau kamu duduk di kelas 11, kamu daftar ketika mau naik kelas 12.

      Hapus
  34. Kak kalo daftarnya itu kelas 10 akhir atau awal kelas 12

    BalasHapus
  35. Kak kalo anak homeschooling boleh ikut uwc gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali untuk itu saya tidak tau. Tapi SMA/SEDERAJAT. Artinya (?)
      You can try it right?

      Hapus
  36. Kak mau nanya kita bisa daftarnya itu awal masuk kelas 11 atau pertengahan kls 11

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika kamu sedang liburan naik ke kelas 12 kalau tidak salah. Semangat

      Hapus
  37. Ka, kita kan daftar disetiap akhir tahun. Nanti di UWC kelas 11 nya diulang lg atau ttp dilanjut ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika kamu duduk di kelas 11, pendaftaran dibuka ketika liburan naik kelas 12, jadi kalau kamu keterima, kamu mengulang lagi deh. 2 tahun. Artinya kembali ke kelas 11 semester 1.

      Hapus
  38. Kak, kalau untuk pendaftaran beasiswa uwsc 2019 kapan di buka ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, pendaftaran untuk tahun 2019 ini baru akan di buka biasanya akhir desember. Kamu bisa cek di instagram official UWC indonesia atau langsung ke website. Semangat!!

      Hapus
  39. Kak, saya denger kalau mau daftar UWC paling tidak itu kelas 11 di indonesia... benar tidak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, saya penulis blog ini. Betul, harus kelas 11 jika sekolah kamu mengikuti kurikulum K13 atau nasional. Namun jika sekolah kamu memakai kurikulum internasional, kamu boleh daftar meski masih di kelas 10, asal usia min. 16 th ya

      Hapus
  40. terimakasih tips nya ya, sangat bermanfaat :)

    semoga anak muda indonesia punya semangat yang tak pernah putus serta harapan yang tak pernah hilang dalam mewujudkan impian dan cita-cita nya, selain menikmati kemudahan yang di berikan oleh pemerintah, yuk coba pahami Tips cerdas menggunakan KJP supaya kita tidak keliru dalam menggunakannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah mengunjungi dan mengapresiasi blog saya :)

      Hapus
  41. Kak saya kan baru lulus SMA saya bisa daftar gak tahun depan , batas usia nya berapa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali, kamu sudah tidak bisa daftar untuk tahun depan

      Hapus
  42. Halo, jika kamu ingin bertanya dan ingin segera di balas, maka kamu bisa DM saya via instagram @rahmaid_ atau email saya di rahmaid211@gmail.com

    Terimakasih 😊

    Warm regards


    Rahma

    BalasHapus
  43. Kak kalau pas sma jurusannya ips,bisa gak apply atau ikut beasiswa uwc

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, saya rahma. ya, tentu saja kamu boleh apply uwc, tahun ini, asalkan umur kamu sudah memenuhi requirement ya. semangattt

      Hapus
  44. Sore , , kk apakah sy boleh minta alamat kantor Komite UWC di Jakarta ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamat national commite of indonesia :
      c/o PT. aswana
      gedung sarinah, lantai 12.
      jl. MH. thamrin 11. jakarta pusat 10350

      Hapus
  45. Kak, kalau siswa smk bisa daftar uwc nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siswa smk, sma, ma, mak / sederajat, bias apply uwc ya asalkan memenuhi persyaratan yang ada. semangat dan selamat berjuang !!
      warm regards :


      rahma

      Hapus
  46. kak pendaftaran nya dibuka kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu pantengin aja di instagram UWC Indonesia National Commite ya!


      warm regards,


      rahma

      Hapus
  47. oh iya nilai rata2 toefl nya brp ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai rata rata toefl memang tidak disebutkan minimal berapa, namun kamu tetap bisa melampirkannya apabila punya ya.

      warm regards,

      rahma

      Hapus
  48. Kak mau tanya. Apabila saya sudah daftar trs saya mengerjakan soalnya. Trs umpama sy di terima tetapi sy tidak dapat beasiswa. Itu ap bisa dicancle?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak minta penjelasannya ya mksh

      Hapus
    2. sayang sekali, mengenai hal tersebut saya masih belum bisa memberikan jawaban.

      warm regards,


      rahma

      Hapus
  49. Boleh betanya kak,kalo utk sekolah uwc yg nerimana beasiswa penuh dimana aja ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk beasiswa penuh/parsial/tanpa beasiswa, bisa dilihat ketika kamu sudah apply ya, nanti akan ada pilihan nya.

      warm regards,

      rahma

      Hapus
  50. Hallo kak saya mau nanya, kalau sudah diterima di salah satu uwc bagaimana dengan tempat tinggal? Apakah ada asrama atau kami harus sewa apartemen sendiri? Dan apakah kami bisa mengmbil kerja part-time jika bersekolah disana?
    Makasih kak, mohon diberikan petunjuknya��

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, uwc menyediakan asrama ya, sejak kamu mulai sekolah hingga kamu lulus kamu akan tinggal di asrama UWC. untuk kerja part time sendiri saya kurang tau, namun kamu mungkin bisa kerja part time ketika liburan musim panas atau semacamnya.

      warm regards,

      rahma

      Hapus
  51. kalau dari indonesia SMA Negeri bisa melanjutkan kesana atau harus dari awal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila kamu sekarang kelas 12, maka kamu akan mengulang 2 tahun. jadi di uwc kamu sama dengan kelas 11 (naik kelas 12). namun apabila kamu kelas 11, maka kamu akan mengulang dari kelas 11 (semester awal). pada intinya, kamu bersekolah di uwc selama 2 tahun.

      Hapus
  52. halo semuanya, apabila kamu punya pertanyaan mengenai UWC, dan ingin segera di respond, silahkan DM instagram saya di @rahmaid_ atau email di rahmaid211@gmail.com

    warm regards,


    rahma

    BalasHapus
  53. Halo kak, apakah ada siswa UWC berusia 19 sampai 20 tahun bisa bersekolah di UWC

    BalasHapus

Posting Komentar